Kamis, Desember 04, 2008

PERINGATAN UNTUK ANDA


Walaupun olahraga jalan kaki adalah yang teraman dari semua cabang olahraga, dan juga mempunyai berbagai macam keuntungan untuk kesehatan tubuh Anda, Anda memerlukan juga peringatan agar jangan sampai melakukan hal yang membahayakan hidup Anda yang demikian berharga. Hal yang harus diingat adalah sebagai berikut :
1.Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program jalan kaki atau bentuk olah raga apapun.
2.Keperluan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih penting lagi apabila Anda mempunyai gangguan kesehatan yang memerlukan kesehatan yang memerlukan pengobatan dan perawatan seperti tekanan darah tinggi, arthritis, diabetes dsb.
3.Jika anda mengalami perasaan nyeri didada, keletihan yang berlebihan, selalu pusing, napas pendek atau perasaan nyeri atau tidak enak dibagian apapun dalam tubuh anda, hentikan program jalan kaki dan pergi ke dokter anda dengan segera.
4.Hindari segala bentuk olaharaga termasuk jalan kaki segera setelah makan
5.Berjalanlah untuk satu jam dengan berselang hari, atau setengah jam setiap hari untuk kesehatan yang baik dan kesegaran jasmani yang maksimal.
6.Hindari jalan kaki diluar rumah bila udara sangat dingin seklai atau sangat panas sekali ataupun kelembaban udara diatas 60 %.
7.Jangan merokok. Karbon dioksida dari rokok mengurangi suplai oksigen dari darah ke jaringan dan sel tubuh . Nikotin dapat mempersempit pembuluh darah dan menghalangi peredaran darah. Juga jangan lupa akan resiko untuk penyakit jantung, kanker dan penyakit paru paru bila Anda merokok.
8. Hindari alkohol yang dapat memberikan akibat yang merugikan kepada kesanggupan juantung dalam memberikan sambutan kepada olahraga. Banyak kasus yang telah terjadi seperti keabnormalan denyut jantung sebagai akibat kombinasi alkohol dan gerak badan.
9.Jalan kaki untuk mencapai target denyut jantung sebagaimana yang telah kita bahas diatas.

Tidak ada komentar: