Kamis, September 10, 2009

MENENTUKAN TINGKAT KEBUGARAN UNTUK BERJALAN KAKI


Dengan berjalan kaki secara teratur akan meningkatkan dan mempertahankan kebugaran .



1.Untuk jarak yang tepat gunakanlah jalur lari disekolah atau jalan yang telah diukur dan ditandai dengan permukaan yang rata. ( Jalur lari standar adalah ¼ mil, jadi anda harus berjalan empat putaran dijalur bagian dalam). Atau gunakanlah jalan kecil yang telah diukur , atau jalan raya yang telah anda lalui dengan kendaraan untuk mengukur jarak.
2.Lakukan pemanasan selama beberapa menit dengan melakukan jalan santai dan peregangan
3.Cobalah berjalan selangkah dengan mantap tapi seakan akan anda akan menekan dengan kuat. Ingatlah, anda mungkin akan berjalan sedikit 10 hingga 20 menit , jadi jangan mulai terlalu cepat . Percepat langkah di dua menit terakhir jika anda masih kuat
4.Tujuan anda adalah untuk merasa lelah tapi tidak terlalu lelah. Anda akan merasa sedikit kekurangan napas tapi tidak akan megap-megap dan terengah-engah.
5.Teruslah berjalan perlahan lahan untuk menurunkan suhu badan selama beberapa menit
6.Bandingkan waktu anda dengan grafik yang telah ditentukan untuk menentukan tingkat kebugaran anda.


Menit untuk tes sejauh 1 mil
Pria Wanita
Kebugaran tingkat tinggi < 12.42 < 13.42 Kebugaran tingkat sedang 12.42 – 15.38 13.42 – 16.40 Kebugaran tingkat rendah > 15.38 > 16.40


TIDUR NYENYAK BERKAT JALAN KAKI

Jalan kaki ternyata bisa membawa manfaat jika Anda lakukan dengan benar. Mulailah dengan berjalan selama 30 menit sehari. Sebaiknya berjalan agak cepat agar tubuh Anda mengeluarkan keringat. Pilih rute yang berbeda agar Anda tidak bosan merasakan satu jenis jalan saja. Misalnya, jalan beraspal, di jalan berkerikil, jalan menurun, dan seterusnya.
Setelah 1 dan 2 minggu, tambah waktu Anda menjadi 45 menit sehari. Coba Anda rasakan. Tidur Anda jadi lebih nyenyak, konsentrasi menjadi lebih tajam dan emosi Anda lebih terkonrol. Olaharag jalan kaki juga murah, karena dapat dilakukan dimana saja tanpa butuh perlengkapan.

Tidak ada komentar: