Minggu, Desember 14, 2008

AGAR CEPAT SEMBUH DARI FLU ( INFLUENZA )



1.Tinggal d irumah . Lebih baik lagi kalau tetap ditempat tidur dan beristirahat. Bekerja dengan pilek yang berat akan membuat penyakit flu lebih parah dan lebih lama sembuh.
2.Tidur yang cukup. Kalau bisa, tidur sepanjang hari. Beri kesempatan pada tubuh untuk memerangi virus flu dan mendapat tenaga baru. Kalau tetap tinggal di tempat tidur selama satu hari kemungkinan besar esok hari akan sembuh.
3.Jangan makan berlebihan. Sementara istirahat di rumah, jangan makan terlalu banyak. Makanlah makanan ringan , buah-buahan, sari buah dan sup, Hindari gula-gula, coklat, es. Gula dalam darah menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.
4.Minumlah yang banyak. Minumlah paling sedikit 10 gelas sehari untuk menghanyutkan Virus dari tubuh. Kalau bisa, minumlah air dari sari buah setiap jam.
5.Berkumurlah dengan larutan garam panas ; Biasanya flu mempunyai 3 tahap. Dibagian kepala, bagian dada, dan tenggorokan. Kalau sakit mulai dengan sakit tenggorokan, berkumurlah paling sedikit 3 kali sehari dengan larutan garam panas. Masukan ½ sendok teh garam kedalam satu gelas air panas. Aduklah baik-baik hingga larut semuanya . Biarlah air mengalir ke tenggorokan untuk beberapa detik, kemudian berkumurlah yang agak lama . Jangan minum air dingin.
6.Taruh kompres panas pada tenggorokan ; Untuk sakit tenggorokan taruhlah kompres panas pada tenggorokan setelah berkumur air garam dan sebelum tidur malam.
7.Merendam kaki dalam air panas ; Kalau flu berawal dari sakit kepala, hidung akan mengeluarkan cairan. Gejala ini harus segera ditanggulangi , kalau tidak, maka lendirnya akan turun kedada dan bisa menderita demam. Perawatan yang terbaik untuk sakit kepala adalah dengan merendam kaki dengan air panas, Lakukan 2 kali sehari, pagi dan petang. Merendam kaki dalam air panas akan mengalirkan darah kekepala, sehingga sakit kepala akan berkurang.
8.Menghirup uap panas. Menghirup uap panas akan menolong melonggarkan dan membuka saluran hidung yang tersumbat. Ini dapat dilakukan setelah merendam kaki dalam air panas.
9.Uap air panas untuk dada ; Kalau flu menyerang dada dengan batuk, maka penggunaan uap air panas pada dada akan menolong
10.Ke dokter; kalau semua langkah di atas telah diambil, tapi flu tetap saja merajalela lebih dari 1 minggu, hubungi dokter untuk pengobatannya.

Tidak ada komentar: