Jumat, Maret 27, 2009

Pernafasan untuk kesehatan

1.Macam pernafasan bagi tubuh kita.

a.Nafas dada
Pernafasan ini dilakukan dengan cara menarik nafas melalui hidung hingga dada mengembang. Untuk fungsi tertentu , kadang nafas ditahan sementara didada, kemudian dikeluarkan melalui mulut. Dalam pelatihan tenaga dalam jenis nafas ini berfungsi untuk memusatkan hawa panas didada agar lebih mudah untuk disalurkan pada organ tubuh di sekitarnya seperti kepala dan tangan.

b.Nafas diafragma
Nafas diafragma dilakukan dengan cara mengembungkan otot otot , perut secara bersamaan setelah oksigen ditarik melalui hidung. Kontraksi otot akan terpusat disekitar diafragma /ulu hati. Selanjutnya nafas dibuang melalui mulut. Nafas diafragma berfungsi untuk memusatkan hawa panas di ulu hati agar mudah disalurkan keseluruh tubuh.

c.Nafas perut
Berfungsi sebagai gudang , tempat menympan hawa panas, sebagai hasil dari bangkitnya energi cadangan tubuh. Pernafasan ini dilakukan dengan cara menarik oksiegn melalui hidung, sampai daerah perut menggembung. Selanjutnya perut kempis berbarengan, dengan keluarnya karbondioksida juga dari hidung.

Ketiga nafas ini biasanya digabungkan dengan gerakan gerkan harmonis tertentu agar dihasilkan sinergi energi yang diinginkan.

Tidak ada komentar: