Selasa, Mei 05, 2009

NASEHAT : 13 GIZI SEIMBANG

1.Makanlah aneka ragam makanan yaitu makanan sumber tenaga (karbohidrat), zat pembangun ( prtein), serta zat pengatur ( vitamin dan mineral )
2.Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dati tiga sumber utama, yaitu karbohidra, protein, dan lemak. Satu gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kkal energi, satu gram protein akan menghasilkan 4 kkal energi, sedangkan satu gram lemak akan menghasilkan 9 kkal energi.
3.Makanlah makanan sumber karbohidra, setengah dari kebtuhan energi. WHO ( 1990) menganjurkan agar 55-75 % kosnusmi energi total berasal dari karbohidrat kompleks yang setara dengan 3 – 4 piring nasi, sedangkan konsumsi gula sebaiknya dibatasi 5 – 10 persen dari jumlah kecukupan energi atau sekitar 3 – 4 sendok per hari.
4.Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi. Mengkonsumsi lemak hewani secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh dara arteri dan penyakit jantung koroner.
5.Gunakan garam beryodium untuk mencegah timbulnya Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI). GAKI dapat menghambat perkembangan tingkat kecerdasan anak, penyakit gondok, dan kretin ( kerdil). Dianjurkan untuk mengkonsumsi gram tidaklebih dari 6 gram ( satu sendok teh) per hari
6.Makanlah makanan sumber zt besi untuk mencegah anemia. Sumber yang b baik adalah sayuran berwarna hijau, kacang kacangan, hati, telur dan daging.b Terutama dari kauk hewani, karena zat besi dalam lauk hewani diserap lima kali lebih tinggi.
7.Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan. Pemberian ASI secara ekslusif ini sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi bayi. Setelah itu perlu diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu ( MP-ASI) seperti buah, sayur, ikan, hati yang dihaluskan sesuai perkembangan usia anak.
8.Biasakanlah makanan pagi ( sarapan) Untuk memelihara ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas kerja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak sarapan justru meningkatkan suatu hormon yang memicu pertambahan berta badan. Makan pagi tidak perlu makanan berat, yang penting sehat, bergizi dan mudah dicerna.
9.Minumlah air bersih.minimal liter. Yaitu minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya, agar proses metabolisme daam tubuh dapat berlangsung dengan lancar dan seimbang
10.Lakukanlah kegiatn fisik dan berolahraga secara teratur, untuk memperlancar sirkulasi darah dan getah bening
11.Hindarim minuman keras. Minuman beralkohol dapat merusak fungsi hati
12.Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan, yaitu bebas dari cemaran bahan kimia dan mikroba berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit
13.Bacalah label pada makanan yang dikemas., untuk mengetahui komposisi bahan penyusun, komposisi gizi, serta tanggal kadaluarsa dari makanan kemasan.

Tidak ada komentar: